Kamis, 18 Oktober 2012

Istilah -Istilah Ubuntu

Istilah-istilah dalam ubuntu
Saat pertama kali menggunakan ubuntu, anda akan dihadapkan dengan berbagai istilah yang akan membuat anda mengerutkan dahi mendengarnya. Namun, tidak usah takut, anda tidak perlu menghafal istilah-istilah tersebut semuanya, anda cukup mengetahuinya saja.
Beberapa istilah-istilah tersebut adalah sebagai berikut:

  • Distro Distro adalah sistem operasi yang berbasis kernel linux yang dipaketkan dengan beberapa perangkat lunakm baik itu yang open source maupun yang komersil oleh seseorang atau perusahaan yang siap digunakan dengan mudah oleh pengguna akhir (end user). Bahkan ada beberapa Distro yang memaketkan program administrasi sistem dari OS Distronya.
  • Repository
    Repository adalah kumpulan perangkat lunak dari sebuah Distro yang diletakan pada suatu tempat, baik itu disebuah server yang dapat diakses melalui sebuah jaringan, maupun yang diletakan dalam sebuah media penyimpanan seperti external harddisk, DVD , dan lain-lain, yang dapat dengan mudah diinstal kedalam system Distro dengan menggunakan program administrasi yang dibuat dimasing-masing Distro.
  • Program administrasi untuk mengakses Repository tersebut akan berbedadari Distro yang satu dengan Distro yang lainya. Misal, distro yang berbasis Red Hat menggunakan YUM, Distro OpenSuse menggunakan YAST, Distro Mandriva menggunakan URPMI, dan Ubuntu yang menggunakan Ubuntu Software Center, synaptic, dan APT.

  • .deb
    .deb adalah extensi file paket/ program yang didistribusikan ke Distro yang berbasis Debian. Ubuntu salah satu yang menggunakan paket berektensi ini. Ektensi paket lain yang fungsinya sama adalah .rpm yang didistribusikan untuk Distro yang berbasis Red Hat.
  • Update
    Updata adalah proses memperbaharui aplikasi atau apa saja yang terhubung dengan kernel dan program-program yang terinstall di sebuah Distro jika ada versi atau perbaikan yang terbaru.
    Tidak seperti windows yang memisahkan fitur update dari masing-masing program yang bukan buatan Microsoft , di ubuntu semua program yang diinstall melalui repository ubuntu akan diupdate jika ada versi  terbaru.
  • Upgrade
    Upgrade adalah proses memperbaharui distro dari versi lama ke versi baru. Upgrade ini bisa dilakukan langsung jika terhubung dengan internet. Namun jika koneksi internet anda lanbat, sangat tidak untuk disarankan melakukan upgrade dengan cara tersebut, karena akan memakan waktu berhari-hari.
  • Mirror
    Mirror adalah server yang melakukan duplikasi dari server lainya. Misalnya, server repository di indonesia yang mengambil data sama persis dari server repositiry utama, maka server repository di indonsia tersebut mirror server.
  • Apt-get
    Apt-get adalah perintah utama di ubuntu yang dijalankan lewat terminal untuk melakukan administrasi terhadap program dan repository. Misalnya, apt-get install untuk menginstall program, apt-get update untuk memperbaharui index repository, dam lain-lain.

  • Forum Forum adalah sebuah website yang dijadikan tempat berkumpul banyak orang dengan salah satu topik atau multi topik, dimana setiap pengguna dapat berinteraksi dengan pengguna forum lain untuk membahasa atau berdiskusi tenang suatu masalah atau suatu topik.

    Contoh forum spesifik, seperti: forum.ubuntu.com, forum.fedora.com dan lain-lain. Sedangkan forum umum seperti: www.kasku.us dan sebagainya.

  • Planet Planet adalah sebuah website yang melakukan agregate dari blog beberapa anggota plenet tersebut, sehingga semua blog dari banyak user banyak dibaca dalam satu tempat. Contoh planet: planet.ubuntu.com, planet.opensuse.org, planet.ubuntu-id.org dan lain-lain.

  • PPA PPA (Personal Packet Archive) adalah repository yang dibuat oleh personal atau sekumpulan orang, dan di publish di website lauchpad sehingga bisa digunakan orang lain. Banyak program kecil yang mungkin belum terpikirkan dari repository utama ubuntu dapat ditemukan di dalam PPA. Namun, menggunakan PPA ada resiko tersendirim terutama dapat menyebabkan system tidak stabil, dan sebagainya. Karena itu, pilihlah repository PPA yang sudah terpercaya.
  • Paket Paket adalah sebuah dan beberapa program yang digunakan sebuah distro untuk mendukung program utama. Misalnya, jika menginstall aplikasi OpenOffice.org atau libreOffice, peket-paket seperti libreOffice Writer, LibreOffice Calc, dan lain-lain juga akan terinstall. Seringkali ditemui di distro-distro lama, dimana sebuah program sudah terinstall, tetapi tidak bisa dijalankan karena sebuah paket pendukung tidak terinstall.

  • Codec Codec adalah beberapa program yang harus diinstall untuk menjalankan suatu format file. Misalnya, untuk memutar file .mp3 di ubuntu harus dipasang codec mp3, memutar file video .avi, harus dipasang codec avi, dan sebagainya. Bisanya codec-codec tersebut sudah dipaketkan dalam suatu paket yang sekali install semua program akan terinstall semuanya.

0 Responses to “Istilah -Istilah Ubuntu”

Posting Komentar

silahkan komentar

About

All Rights Reserved Liga setiawa
Sponsored by Liga_setiawan@yahoo.com