Rabu, 17 Oktober 2012

Varian Ubuntu

Varian Ubuntu

Ubuntu memiliki beberapa varian, dimana varian tersebut diturunkan secara langsung maupun tidak langsung dari ubuntu yang sudah stabil. Varian-varian tersebut adalah sebagai berikut:

  • Kubuntu
    Kubuntu adalah varian dari ubuntu yang menggunakan KDE (K Desktop Environment), sebuah desktop yang juga sangat populer di sistem operasi berbasis UNIX. KDE sendiri tampilanya sangat mirip dengan tampilan Desktop Windows.
  • EdUbuntu
    EdUbuntu adalah varian dari Ubuntu yang khusus untuk pendidikan. Didalam EdUbuntu sudah dimasukan berbagai program yang mendukung sarana pendidikan. Bahkan EdUbuntu ini bisa digunakan sebagai server LTSP (Linux Terminal Service Project) dimana dengan LTSP ini, kita dapat membuat sebuah Lab komputer yang disk less atau tanpa harddisk. Dengan demikian, semua komputer yang terhubung ke LTSP sever dapat melakukan booting dari jaringan, dan memiliki tampilan serta tempat penyimpanan data yang seragam, yaitu di server.
  • Xubuntu
    Xubuntu adalah varian dari ubuntu yang menggunakan Xfce sebagai desktopnya. Varian inilebih ditujukan untuk komputer-komputer berspesifikasi rendah, seperti pentium II dan pentium III dengan jumlah memory yang terbatas.
  • nUbuntu
    nUbuntu adalahvarian dari ubuntu yang fokus kepada keamanan jaringa dan server. nUbuntu berisi program-program yang berfungsi untuk mengecek keamanan sebuah jaringan, dan program-program untuk melakukan pengecekan keamanan server, perlengkapan hacking, dan sebagainya.
  • Ubuntu Netbook
    Ubuntu Netbook adalah varian dari ubuntu yang untuk komputer-komputer yang memiliki laya monitor kecil, seperti untuk Netbook, Tablet dan lain-lain. Namun demikian, komputer-komputer yang memiliki layar standar juga dapat menggunakan varian ubuntu ini. Salah satu varian dari ubuntu ini adalah tampilan desktop yang agak berbeda dengan ubuntu biasa, desktop ubuntu Netbook disebut dengan Unity yang sudah disesuaikan untuk layar 11 Inch ke bawah.
  • Ubuntu Studio
    Ubuntu studio adalah varian ubuntu untuk keperluan desain dan multimedia. Dalam sebuah DVD ubuntu studio sudah terinstall aplikasi-aplikasi pengolah grafis, audio, dan video. Namun codec-codec komersil seperti code *.mp3, *.AVI, dan lain-lain delum tersedia secara default. Meskipun demikian, anda tidak perlu khawatir, dengan koneksi internet anda dapat dengan mudah menambahkan codec-codec tersebut lewatUbuntu Software Center atau Snaptic Packet Manager.
  • Ubuntu Server
    Ubuntu Server adalah varian ubuntu yang dikhususkan buat server. Dalam ubuntu server sudah tersedia apliksi-aplikasi server seperti Bind, Apache, LDAP, Samba, Mail dan lain-lain. Serta kernel ubuntu ini sudah sesuaikan untuk kinerja tinggi yang dapat jalan terus-menerus tanpa harus direstart. Ubuntu server tidak menyediakan desktop, semua dilakukan melalui Command di Terminal.
Selain varian-varian diatas yang sudah saya sebutkan, masih ada beberapa distro yang juga diturunkan langsung dari ubuntu, diantaranya yang paling terkenal di indonesia Sabily dan Blank0n.
Sabily merupakan ubuntu yang memaketkan aplikasi-aplikasi islami, sementara BlankOn merupakan sebuah Distro yang dibuat oleh YPLI (Yayasan Penggerak Linux Indonesia) yang disesuaikan dengan kultur indonesia, dan yang paling penting lagi menggunakan BAHASA INDONESIA untuk tampilan GUI nya.

0 Responses to “Varian Ubuntu”

Posting Komentar

silahkan komentar

About

All Rights Reserved Liga setiawa
Sponsored by Liga_setiawan@yahoo.com