Minggu, 21 Oktober 2012

LANGKAH INSTALASI UBUNTU

10 LANGKAH INSTALASI UBUNTU

Ubuntu didistribusiakan dengan konsep live CD , dimana dengan konsep tersebut semua orang bisa mencoba ubuntu tanpa harus melakukan perubahan terhadap sistem operasi yang sudah ada dikomputernya. Jika orang tersebut merasa cocok dan tertari menggunakan ubuntu, dengan mudah dapat di dinstal dikomputernya. Bahkan tanpa harus melakukan lagkah-langkah partisi harddisk yang seram itu. Ubuntu akan melakukan semuanya untuk anda, yang harus anda lakukan adalah membaca instruksi dilayar komputer anda, dan melakukan beberapa klik tombol mouse. Berikut ini adalah langkah-langkah menginstall ubuntu Desktop dikomputer yang masih kosong, artinya komputer anda belum ada sistem operasi apappun didalamnya.

  • Langkah ke-1: Detting BIOS
    Ubah settigan BIOS komputer agar melakukan boot dari CD/DVD drive. Settingan tersebut caranya berbeda-beda, tergantung dari tipe dan jenis BIOS komputer anda. Namun kebanyakan BIOS , menggukan kombinasi tobol CTRL+ALT+DELETE Atau F2 yang ditekan pada saat pertama komputer dihidupkan untuk masuk kekofigurasi BIOS.
  • Langkah ke-2: Boot dari CD/DVD
    Setelah langkah pertama dilakukan, masukan CD ubuntu kea dalam CD/DVD drive kemudian restart komputer dengan menekan kombinasi CTRL+ALT+DELETE atau menekan tombol reset yang ada di cashing komputer. Jika langkah pertama deilakukan dengan benar, anda akan melihat tampilan menu Booting CD/DVD komputer anda.
  • Langkah ke-3: Loading ubuntu Live
    Setelah menunggu beberapa saat, komputer akan segera meloading kernel ubuntu dari CD/DVD drive ke dalam RAM.
    Langkah ke-4: Pilihan Instalasi
    Pada langka ini proses loading sudah selesai dan dilayar monitor akan menampilkan beberapa pilihan terhadap anda, apakah akan menjalankan ubuntu secara langsung dari CD (Live CD) atau menginstal ke dalam haddisk komputer. Karena disini anda akan menginstall ubuntu, pilihan install ubuntu. Selain itu, disini anda juga dapat memilih bahasa instalasi dengan memilih salah satu bahasa yang anda mengerti dibagian sebelah kiri layar dari ubuntu yang anda install.
  • Langkah ke-5: pilihan update otomatis
    Pada langkah ini anda diberiinformasi tentang komputer anda serta diberikan pilihan utuk mendownload dan menginstall update terbaru dari ubuntu dan menginstall program-program pihak ketiga pada saat proses instalasi berlangsung. Proses ini dapat dilakukan jika anda memiliki koneksi internet yang cepat. Karena disini kita tidak memiliki koneksi internet , langkah ini kita lewati dengan menekan tombol forward.
  • Langkah ke-6: Membuat partisi Harddisk
    Disini anda akan melakukan partisi harddisk tempat ubuntu akan diinstall. Pilihan partisi harddisk ini bisa dilakukan secara otomatis dengan memilih erase dan use the entry disk. Atau melaukukan partisi secara manual dengan  memilih specify partition manually (advance). Karena anda ingin mengatur sendiri partisi harddisk, pililah cara manual. Setalah memilih specify partition manually (advance), dilayar berikut berikut anda memilih harddisk mana yang akan dipartisi. Jika anda hanya memiliki satu harddisk dibagian device akan tampil /dev/sda (jika harddisk anda SATA) atau /dev/hda (jika harddisk anda IDE/PATA). Pilih harddisk tersebut dan klik tombol new partition Table.

Bersambung.........

0 Responses to “LANGKAH INSTALASI UBUNTU”

Poskan Komentar

silahkan komentar

About

All Rights Reserved Liga setiawa
Sponsored by Liga_setiawan@yahoo.com